Algoritma Kuantum
Mata Kuliah ini merupakan
Mata Kuliah ini merupakan
Mahasiswa yang menempuh mata kuliah diharapakan:
1. Memahami konsep, jenis, dan cara menghitung error
2. Memahami dan menerpakan metode numerik dalam penentuan akar, solusi sistem persamaan linier, interpolasi, turunan, dan integral
3. Memahami perbedaan metode analitik dan metode numerik
Mata kuliah Desain dan Produksi Media Pembelajaran Berbasis IoT membahas konsep, prinsip, dan keterampilan dalam merancang serta mengembangkan media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi Internet of Things (IoT). Mahasiswa akan mempelajari bagaimana perangkat IoT dapat digunakan sebagai alat bantu pembelajaran interaktif yang mendukung pengalaman belajar yang lebih kontekstual, real-time, dan berbasis data.
Selama perkuliahan, mahasiswa akan dikenalkan pada konsep dasar IoT, karakteristik perangkat, sensor, aktuator, dan cara kerja sistem IoT dalam konteks pendidikan. Mata kuliah juga membimbing mahasiswa untuk mendesain storyboard, alur interaksi, serta memilih perangkat dan platform yang relevan. Mahasiswa akan mempraktikkan pembuatan prototipe media pembelajaran berbasis IoT, mulai dari perencanaan, produksi, pengujian, hingga implementasi sederhana.
Pada akhir perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan produk media pembelajaran berbasis IoT yang kreatif, fungsional, dan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran abad 21. Mahasiswa tidak hanya memahami teori, tetapi juga memiliki kemampuan praktis dalam mengintegrasikan teknologi IoT ke dalam kegiatan belajar mengajar secara efektif dan inovatif.
The bioedutainment course aims to prepare prospective teachers with the knowledge and skills to design and organize joyfull learning. This course examines the definition and scope of bioedutainment, the scope of education, multiple intelligence-based learning, tour guiding techniques, basics of outdoor activities, strategy and management of indoor and outdoor learning process, bioedutainment learning designs and its application. Lectures are held by applying the case method and team base project with the natural exploration approach (JAS) synchronously and asynchronously. The evaluation process is carried out by means of an authentic assessment. The entire lecture process is carried out constructively by internalizing conservation values.
APPLIED APPROACH (AA) dirancang sebagai program lanjutan dari program PEKERTI. Program ini melatih dosen untuk memiliki wawasan dalam pembelajaran yang meliputi materi tentang Kebijakan Pengembangan Profesionalisme Dosen dalam Pelaksanaan Mutu Pembelajaran, Etika Moral dalam Pembelajaran, Manajemen Mutu Terpadu, Konstruktivisme dalam pembelajaran, Rekonstruksi Mata kuliah, Penulisan Bahan Ajar, Konsep Dasar dan Paradigma Pengembangan Kurikulum, Model-Model Pembelajaran Aktif dan Inovatif, Evaluasi PBM, Assessment Alternatif, dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Tujuan Applied Approach adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik bagi para dosen. Keterampilan pembelajaran membutuhkan latihan dan perbaikan terus menerus..
Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas berupaya melatih pengetahuan, kemampuan dan keberanian guru untuk melakukan penelitian tindakan kelas, mulai dari membuat proposal penelitian, melaksanakan penelitian dan membuat laporan hasil penelitian secara benar, sesuai dengan kaidah-kaidah penelitian tindakan kelas yang lazim digunakan di dunia pendidikan
Tujuan diadakannya pelatihan penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu guru dapat membuat PTK berkualitas secara berkesinambungan. Bentuk dari pelatihan atau penyuluhan ini yaitu dengan cara melaksanakan workshop pelatihan perancangan dan penerapan model-model pembelajaran pelaksanaan PTK dalam proses pembelajaran, pelatihan pengambilan dan analisis data dalam pelaksanaan PTK, pelatihan cara interpretasi dan penyimpulan hasil pelaksanaan PTK dan menuangkan hasil dalam karya tulis ilmiah, pelatihan cara analisis statistik, serta membuat laporan hasil Penelitian Tindakan Kelas. Target yang ditetapkan dalam pelatihan ini yaitu guru mampu menerapkan model-model pembelajaran di kelas, menganalisis data penelitiannya dengan analisis statistika, menghasilkan PTK yang berkualitas, meningkatnya hasil belajar peserta didik sebagai hasil dari perbaikan proses belajar mengajar yang dilaksanakan oleh guru melalui PTK. Sehingga Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dapat tercapai, bahkan diharapkan dapat melampaui KKM, serta meningkatnya pangkat dan golongan guru-guru Sekolah Dasar. Luaran yang akan dihasilkan adalah proposal dan laporan PTK yang berkualitas, buku model-model pembelajaran di Sekolah sebagai pedoman bagi-guru-guru dalam membuat proposal dan laporan PTK, dan publikasi ilmiah/jurnal. Metode yang diterapkan dalam kursus ini adalah pelatihan, pembimbingan dan pendampingan yang terintegrasi dalam kegiatan workshop penelitian tindakan kelas (PTK).
PEKERTI adalah Pelatihan Pengembangan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional. Pelatihan ini diperuntukkan bagi Dosen Muda yang masih dalam tahap awal melaksanakan Perkuliahan di Perguruan TInggi.
APPLIED APPROACH (AA) dirancang sebagai program lanjutan dari program PEKERTI. Program ini melatih dosen untuk memiliki wawasan dalam pembelajaran yang meliputi materi tentang Kebijakan Pengembangan Profesionalisme Dosen dalam Pelaksanaan Mutu Pembelajaran, Etika Moral dalam Pembelajaran, Manajemen Mutu Terpadu, Konstruktivisme dalam pembelajaran, Rekonstruksi Mata kuliah, Penulisan Bahan Ajar, Konsep Dasar dan Paradigma Pengembangan Kurikulum, Model-Model Pembelajaran Aktif dan Inovatif, Evaluasi PBM, Assessment Alternatif, dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Tujuan Applied Approach adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik bagi para dosen. Keterampilan pembelajaran membutuhkan latihan dan perbaikan terus menerus..
APPLIED APPROACH (AA) dirancang sebagai program lanjutan dari program PEKERTI. Program ini melatih dosen untuk memiliki wawasan dalam pembelajaran yang meliputi materi tentang Kebijakan Pengembangan Profesionalisme Dosen dalam Pelaksanaan Mutu Pembelajaran, Etika Moral dalam Pembelajaran, Manajemen Mutu Terpadu, Konstruktivisme dalam pembelajaran, Rekonstruksi Mata kuliah, Penulisan Bahan Ajar, Konsep Dasar dan Paradigma Pengembangan Kurikulum, Model-Model Pembelajaran Aktif dan Inovatif, Evaluasi PBM, Assessment Alternatif, dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Tujuan Applied Approach adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik bagi para dosen. Keterampilan pembelajaran membutuhkan latihan dan perbaikan terus menerus..
APPLIED APPROACH (AA) dirancang sebagai program lanjutan dari program PEKERTI. Program ini melatih dosen untuk memiliki wawasan dalam pembelajaran yang meliputi materi tentang Kebijakan Pengembangan Profesionalisme Dosen dalam Pelaksanaan Mutu Pembelajaran, Etika Moral dalam Pembelajaran, Manajemen Mutu Terpadu, Konstruktivisme dalam pembelajaran, Rekonstruksi Mata kuliah, Penulisan Bahan Ajar, Konsep Dasar dan Paradigma Pengembangan Kurikulum, Model-Model Pembelajaran Aktif dan Inovatif, Evaluasi PBM, Assessment Alternatif, dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Tujuan Applied Approach adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik bagi para dosen. Keterampilan pembelajaran membutuhkan latihan dan perbaikan terus menerus..
APPLIED APPROACH (AA) dirancang sebagai program lanjutan dari program PEKERTI. Program ini melatih dosen untuk memiliki wawasan dalam pembelajaran yang meliputi materi tentang Kebijakan Pengembangan Profesionalisme Dosen dalam Pelaksanaan Mutu Pembelajaran, Etika Moral dalam Pembelajaran, Manajemen Mutu Terpadu, Konstruktivisme dalam pembelajaran, Rekonstruksi Mata kuliah, Penulisan Bahan Ajar, Konsep Dasar dan Paradigma Pengembangan Kurikulum, Model-Model Pembelajaran Aktif dan Inovatif, Evaluasi PBM, Assessment Alternatif, dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Tujuan Applied Approach adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik bagi para dosen. Keterampilan pembelajaran membutuhkan latihan dan perbaikan terus menerus..
APPLIED APPROACH (AA) dirancang sebagai program lanjutan dari program PEKERTI. Program ini melatih dosen untuk memiliki wawasan dalam pembelajaran yang meliputi materi tentang Kebijakan Pengembangan Profesionalisme Dosen dalam Pelaksanaan Mutu Pembelajaran, Etika Moral dalam Pembelajaran, Manajemen Mutu Terpadu, Konstruktivisme dalam pembelajaran, Rekonstruksi Mata kuliah, Penulisan Bahan Ajar, Konsep Dasar dan Paradigma Pengembangan Kurikulum, Model-Model Pembelajaran Aktif dan Inovatif, Evaluasi PBM, Assessment Alternatif, dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Tujuan Applied Approach adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik bagi para dosen. Keterampilan pembelajaran membutuhkan latihan dan perbaikan terus menerus..
APPLIED APPROACH (AA) dirancang sebagai program lanjutan dari program PEKERTI. Program ini melatih dosen untuk memiliki wawasan dalam pembelajaran yang meliputi materi tentang Kebijakan Pengembangan Profesionalisme Dosen dalam Pelaksanaan Mutu Pembelajaran, Etika Moral dalam Pembelajaran, Manajemen Mutu Terpadu, Konstruktivisme dalam pembelajaran, Rekonstruksi Mata kuliah, Penulisan Bahan Ajar, Konsep Dasar dan Paradigma Pengembangan Kurikulum, Model-Model Pembelajaran Aktif dan Inovatif, Evaluasi PBM, Assessment Alternatif, dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Tujuan Applied Approach adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik bagi para dosen. Keterampilan pembelajaran membutuhkan latihan dan perbaikan terus menerus..
APPLIED APPROACH (AA) dirancang sebagai program lanjutan dari program PEKERTI. Program ini melatih dosen untuk memiliki wawasan dalam pembelajaran yang meliputi materi tentang Kebijakan Pengembangan Profesionalisme Dosen dalam Pelaksanaan Mutu Pembelajaran, Etika Moral dalam Pembelajaran, Manajemen Mutu Terpadu, Konstruktivisme dalam pembelajaran, Rekonstruksi Mata kuliah, Penulisan Bahan Ajar, Konsep Dasar dan Paradigma Pengembangan Kurikulum, Model-Model Pembelajaran Aktif dan Inovatif, Evaluasi PBM, Assessment Alternatif, dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Tujuan Applied Approach adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik bagi para dosen. Keterampilan pembelajaran membutuhkan latihan dan perbaikan terus menerus..
APPLIED APPROACH (AA) dirancang sebagai program lanjutan dari program PEKERTI. Program ini melatih dosen untuk memiliki wawasan dalam pembelajaran yang meliputi materi tentang Kebijakan Pengembangan Profesionalisme Dosen dalam Pelaksanaan Mutu Pembelajaran, Etika Moral dalam Pembelajaran, Manajemen Mutu Terpadu, Konstruktivisme dalam pembelajaran, Rekonstruksi Mata kuliah, Penulisan Bahan Ajar, Konsep Dasar dan Paradigma Pengembangan Kurikulum, Model-Model Pembelajaran Aktif dan Inovatif, Evaluasi PBM, Assessment Alternatif, dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Tujuan Applied Approach adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik bagi para dosen. Keterampilan pembelajaran membutuhkan latihan dan perbaikan terus menerus..
APPLIED APPROACH (AA) dirancang sebagai program lanjutan dari program PEKERTI. Program ini melatih dosen untuk memiliki wawasan dalam pembelajaran yang meliputi materi tentang Kebijakan Pengembangan Profesionalisme Dosen dalam Pelaksanaan Mutu Pembelajaran, Etika Moral dalam Pembelajaran, Manajemen Mutu Terpadu, Konstruktivisme dalam pembelajaran, Rekonstruksi Mata kuliah, Penulisan Bahan Ajar, Konsep Dasar dan Paradigma Pengembangan Kurikulum, Model-Model Pembelajaran Aktif dan Inovatif, Evaluasi PBM, Assessment Alternatif, dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Tujuan Applied Approach adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik bagi para dosen. Keterampilan pembelajaran membutuhkan latihan dan perbaikan terus menerus..
APPLIED APPROACH (AA) dirancang sebagai program lanjutan dari program PEKERTI. Program ini melatih dosen untuk memiliki wawasan dalam pembelajaran yang meliputi materi tentang Kebijakan Pengembangan Profesionalisme Dosen dalam Pelaksanaan Mutu Pembelajaran, Etika Moral dalam Pembelajaran, Manajemen Mutu Terpadu, Konstruktivisme dalam pembelajaran, Rekonstruksi Mata kuliah, Penulisan Bahan Ajar, Konsep Dasar dan Paradigma Pengembangan Kurikulum, Model-Model Pembelajaran Aktif dan Inovatif, Evaluasi PBM, Assessment Alternatif, dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Tujuan Applied Approach adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik bagi para dosen. Keterampilan pembelajaran membutuhkan latihan dan perbaikan terus menerus..
APPLIED APPROACH (AA) dirancang sebagai program lanjutan dari program PEKERTI. Program ini melatih dosen untuk memiliki wawasan dalam pembelajaran yang meliputi materi tentang Kebijakan Pengembangan Profesionalisme Dosen dalam Pelaksanaan Mutu Pembelajaran, Etika Moral dalam Pembelajaran, Manajemen Mutu Terpadu, Konstruktivisme dalam pembelajaran, Rekonstruksi Mata kuliah, Penulisan Bahan Ajar, Konsep Dasar dan Paradigma Pengembangan Kurikulum, Model-Model Pembelajaran Aktif dan Inovatif, Evaluasi PBM, Assessment Alternatif, dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Tujuan Applied Approach adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik bagi para dosen. Keterampilan pembelajaran membutuhkan latihan dan perbaikan terus menerus..
APPLIED APPROACH (AA) dirancang sebagai program lanjutan dari program PEKERTI. Program ini melatih dosen untuk memiliki wawasan dalam pembelajaran yang meliputi materi tentang Kebijakan Pengembangan Profesionalisme Dosen dalam Pelaksanaan Mutu Pembelajaran, Etika Moral dalam Pembelajaran, Manajemen Mutu Terpadu, Konstruktivisme dalam pembelajaran, Rekonstruksi Mata kuliah, Penulisan Bahan Ajar, Konsep Dasar dan Paradigma Pengembangan Kurikulum, Model-Model Pembelajaran Aktif dan Inovatif, Evaluasi PBM, Assessment Alternatif, dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Tujuan Applied Approach adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik bagi para dosen. Keterampilan pembelajaran membutuhkan latihan dan perbaikan terus menerus..
APPLIED APPROACH (AA) dirancang sebagai program lanjutan dari program PEKERTI. Program ini melatih dosen untuk memiliki wawasan dalam pembelajaran yang meliputi materi tentang Kebijakan Pengembangan Profesionalisme Dosen dalam Pelaksanaan Mutu Pembelajaran, Etika Moral dalam Pembelajaran, Manajemen Mutu Terpadu, Konstruktivisme dalam pembelajaran, Rekonstruksi Mata kuliah, Penulisan Bahan Ajar, Konsep Dasar dan Paradigma Pengembangan Kurikulum, Model-Model Pembelajaran Aktif dan Inovatif, Evaluasi PBM, Assessment Alternatif, dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Tujuan Applied Approach adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik bagi para dosen. Keterampilan pembelajaran membutuhkan latihan dan perbaikan terus menerus..
APPLIED APPROACH (AA) dirancang sebagai program lanjutan dari program PEKERTI. Program ini melatih dosen untuk memiliki wawasan dalam pembelajaran yang meliputi materi tentang Kebijakan Pengembangan Profesionalisme Dosen dalam Pelaksanaan Mutu Pembelajaran, Etika Moral dalam Pembelajaran, Manajemen Mutu Terpadu, Konstruktivisme dalam pembelajaran, Rekonstruksi Mata kuliah, Penulisan Bahan Ajar, Konsep Dasar dan Paradigma Pengembangan Kurikulum, Model-Model Pembelajaran Aktif dan Inovatif, Evaluasi PBM, Assessment Alternatif, dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Tujuan Applied Approach adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik bagi para dosen. Keterampilan pembelajaran membutuhkan latihan dan perbaikan terus menerus..