Available courses

Metode Numerik for AI

Metode numerik adalah suatu mata kuliah dasar yang harus ditempuh oleh mahasiswa dalam klaster saintek. Mata kuliah ini menjabarkan tentang analisa akar-akar dari beberapa bentuk fungsi. Metode-metode yang ditawarkan bervariasi dan sangat membantu dalam memecahkan beberapa persoalan.


Mahasiswa yang menempuh mata kuliah diharapakan:

1. Memahami konsep, jenis, dan cara menghitung error

2. Memahami dan menerpakan metode numerik dalam penentuan akar, solusi sistem persamaan linier, interpolasi, turunan, dan integral

3. Memahami perbedaan metode analitik dan metode numerik

Desain dan Produksi Media Pembelajaran Berbasis IoT

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Desain dan Produksi Media Pembelajaran Berbasis IoT membahas konsep, prinsip, dan keterampilan dalam merancang serta mengembangkan media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi Internet of Things (IoT). Mahasiswa akan mempelajari bagaimana perangkat IoT dapat digunakan sebagai alat bantu pembelajaran interaktif yang mendukung pengalaman belajar yang lebih kontekstual, real-time, dan berbasis data.

Selama perkuliahan, mahasiswa akan dikenalkan pada konsep dasar IoT, karakteristik perangkat, sensor, aktuator, dan cara kerja sistem IoT dalam konteks pendidikan. Mata kuliah juga membimbing mahasiswa untuk mendesain storyboard, alur interaksi, serta memilih perangkat dan platform yang relevan. Mahasiswa akan mempraktikkan pembuatan prototipe media pembelajaran berbasis IoT, mulai dari perencanaan, produksi, pengujian, hingga implementasi sederhana.

Pada akhir perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan produk media pembelajaran berbasis IoT yang kreatif, fungsional, dan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran abad 21. Mahasiswa tidak hanya memahami teori, tetapi juga memiliki kemampuan praktis dalam mengintegrasikan teknologi IoT ke dalam kegiatan belajar mengajar secara efektif dan inovatif.

Bioedutainment

The bioedutainment course aims to prepare prospective teachers with the knowledge and skills to design and organize joyfull learning. This course examines the definition and scope of bioedutainment, the scope of education, multiple intelligence-based learning, tour guiding techniques, basics of outdoor activities, strategy and management of indoor and outdoor learning process, bioedutainment learning designs and its application. Lectures are held by applying the case method and team base project with the natural exploration approach (JAS) synchronously and asynchronously. The evaluation process is carried out by means of an authentic assessment. The entire lecture process is carried out constructively by internalizing conservation values.

AA Poltekpel SUMBAR

APPLIED APPROACH (AA) dirancang sebagai program lanjutan dari program PEKERTI. Program ini melatih dosen untuk memiliki wawasan dalam pembelajaran yang meliputi materi tentang Kebijakan Pengembangan Profesionalisme Dosen dalam Pelaksanaan Mutu Pembelajaran, Etika Moral dalam Pembelajaran, Manajemen Mutu Terpadu, Konstruktivisme dalam pembelajaran, Rekonstruksi Mata kuliah, Penulisan Bahan Ajar, Konsep Dasar dan Paradigma Pengembangan Kurikulum, Model-Model Pembelajaran Aktif dan Inovatif, Evaluasi PBM, Assessment Alternatif, dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK)


Tujuan Applied Approach adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik bagi para dosen. Keterampilan pembelajaran membutuhkan latihan dan perbaikan terus menerus..

  1. Evaluasi PBM 
  2. Konstruktivisme Pembelajaran
  3. Etika dan Moral dalam Pembelajaran
  4. Alternative Assessment 
  5. Pengembangan Kurikulum
  6. Penulisan Buku Ajar 
  7. Rekonstruksi Mata Kuliah 
  8. Aplikasi PTK 
  9. Kontrak Perkuliahan 
  10. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan 
  11. Panduan Praktikum  
  12. Ragam Media dalam Pembelajaran 

Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing A

Dalam rangka menghadapi tantangan revolusi industri 4.0, pendidikan merupakan modal dasar yang sangat diperlukan sehingga peran dosen dalam mewujudkan sumber daya manusia sangat diperlukan. Dosen secara langsung mempengaruhi peningkatan kualitas belajar mahasiswa. Seorang dosen wajib memiliki tiga kemampuan dasar yakni kemampuan dalam merancang proses pembelajaran, melakukan evaluasi pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran secara efektif. Seluruh kemampuan tersebut perlu ditingkatkan melalui pelatihan AA-Pekerti.
Dosen yang mengikuti pelatihan ini akan memperoleh pengetahuan dasar teknik instruksional serta memiliki kemampuan untuk merancang, melaksanakan dan mengevaluasi sistem pembelajaran.
  1. Peningkatan Pendidikan melalui pekerti 
  2. Pendidikan sebagai sistem 
  3. Teori belajar dan motivasi untuk pembelajaran mahasiswa 
  4. Pengembangan diri dosen 
  5. Model-model pembelajaran 
  6. Penentuan capaian pembelajaran 
  7. Analisis kompetensi mata kuliah 
  8. Penyusunan RPS 
  9. Metode pembelajaran 
  10. Metode pemberian tugas 
  11. Prinsip dasar evaluasi 
  12. Menyusun kisi soal 
  13. Konstruksi butir soal 
  14. Dasar-dasar komunikasi dan keterampilan dasar mengajar
  15. Implementasi softskill dalam pembelajaran

Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas

Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas berupaya melatih pengetahuan, kemampuan dan keberanian guru untuk melakukan penelitian tindakan kelas, mulai dari membuat proposal penelitian, melaksanakan penelitian dan membuat laporan hasil penelitian secara benar, sesuai dengan kaidah-kaidah penelitian tindakan kelas yang lazim digunakan di dunia pendidikan


Tujuan diadakannya pelatihan penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu guru dapat membuat PTK berkualitas secara berkesinambungan. Bentuk dari pelatihan atau penyuluhan ini yaitu dengan cara melaksanakan workshop pelatihan perancangan dan penerapan model-model pembelajaran pelaksanaan PTK dalam proses pembelajaran, pelatihan pengambilan dan analisis data dalam pelaksanaan PTK, pelatihan cara interpretasi dan penyimpulan hasil pelaksanaan PTK dan menuangkan hasil dalam karya tulis ilmiah, pelatihan cara analisis statistik, serta membuat laporan hasil Penelitian Tindakan Kelas. Target yang ditetapkan dalam pelatihan ini yaitu guru mampu menerapkan model-model pembelajaran di kelas, menganalisis data penelitiannya dengan analisis statistika, menghasilkan PTK yang berkualitas, meningkatnya hasil belajar peserta didik sebagai hasil dari perbaikan proses belajar mengajar yang dilaksanakan oleh guru melalui PTK. Sehingga Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dapat tercapai, bahkan diharapkan dapat melampaui KKM, serta meningkatnya pangkat dan golongan guru-guru Sekolah Dasar. Luaran yang akan dihasilkan adalah proposal dan laporan PTK yang berkualitas, buku model-model pembelajaran di Sekolah sebagai pedoman bagi-guru-guru dalam membuat proposal dan laporan PTK, dan publikasi ilmiah/jurnal. Metode yang diterapkan dalam kursus ini adalah pelatihan, pembimbingan dan pendampingan yang terintegrasi dalam kegiatan workshop penelitian tindakan kelas (PTK). 

  1. Hakekat dan Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas
  2. Identifikasi Permasalahan Pembelajaran  
  3. Proposal Penelitian Tindakan Kelas
  4. Instrumen Penelitian Tindakan Kelas
  5. Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas
  6. Penyusunan Laporan Penelitian Tindakan Kelas

Pelatihan Pekerti

Dalam rangka menghadapi tantangan revolusi industri 4.0, pendidikan merupakan modal dasar yang sangat diperlukan sehingga peran dosen dalam mewujudkan sumber daya manusia sangat diperlukan. Dosen secara langsung mempengaruhi peningkatan kualitas belajar mahasiswa. Seorang dosen wajib memiliki tiga kemampuan dasar yakni kemampuan dalam merancang proses pembelajaran, melakukan evaluasi pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran secara efektif. Seluruh kemampuan tersebut perlu ditingkatkan melalui pelatihan AA-Pekerti.
Dosen yang mengikuti pelatihan ini akan memperoleh pengetahuan dasar teknik instruksional serta memiliki kemampuan untuk merancang, melaksanakan dan mengevaluasi sistem pembelajaran.
  1. Peningkatan Pendidikan melalui pekerti 
  2. Pendidikan sebagai sistem 
  3. Teori belajar dan motivasi untuk pembelajaran mahasiswa 
  4. Pengembangan diri dosen 
  5. Model-model pembelajaran 
  6. Penentuan capaian pembelajaran 
  7. Analisis kompetensi mata kuliah 
  8. Penyusunan RPS 
  9. Metode pembelajaran 
  10. Metode pemberian tugas 
  11. Prinsip dasar evaluasi 
  12. Menyusun kisi soal 
  13. Konstruksi butir soal 
  14. Dasar-dasar komunikasi dan keterampilan dasar mengajar
  15. Implementasi softskill dalam pembelajaran

Pelatihan (MOC) PEKERTI Batch 2

Dalam rangka menghadapi tantangan revolusi industri 4.0, pendidikan merupakan modal dasar yang sangat diperlukan sehingga peran dosen dalam mewujudkan sumber daya manusia sangat diperlukan. Dosen secara langsung mempengaruhi peningkatan kualitas belajar mahasiswa. Seorang dosen wajib memiliki tiga kemampuan dasar yakni kemampuan dalam merancang proses pembelajaran, melakukan evaluasi pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran secara efektif. Seluruh kemampuan tersebut perlu ditingkatkan melalui pelatihan AA-Pekerti.
Dosen yang mengikuti pelatihan ini akan memperoleh pengetahuan dasar teknik instruksional serta memiliki kemampuan untuk merancang, melaksanakan dan mengevaluasi sistem pembelajaran.
  1. Peningkatan Pendidikan melalui pekerti 
  2. Pendidikan sebagai sistem 
  3. Teori belajar dan motivasi untuk pembelajaran mahasiswa 
  4. Pengembangan diri dosen 
  5. Model-model pembelajaran 
  6. Penentuan capaian pembelajaran 
  7. Analisis kompetensi mata kuliah 
  8. Penyusunan RPS 
  9. Metode pembelajaran 
  10. Metode pemberian tugas 
  11. Prinsip dasar evaluasi 
  12. Menyusun kisi soal 
  13. Konstruksi butir soal 
  14. Dasar-dasar komunikasi dan keterampilan dasar mengajar
  15. Implementasi softskill dalam pembelajaran

Pelatihan (MOC) PEKERTI Batch 1

Dalam rangka menghadapi tantangan revolusi industri 4.0, pendidikan merupakan modal dasar yang sangat diperlukan sehingga peran dosen dalam mewujudkan sumber daya manusia sangat diperlukan. Dosen secara langsung mempengaruhi peningkatan kualitas belajar mahasiswa. Seorang dosen wajib memiliki tiga kemampuan dasar yakni kemampuan dalam merancang proses pembelajaran, melakukan evaluasi pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran secara efektif. Seluruh kemampuan tersebut perlu ditingkatkan melalui pelatihan AA-Pekerti.
Dosen yang mengikuti pelatihan ini akan memperoleh pengetahuan dasar teknik instruksional serta memiliki kemampuan untuk merancang, melaksanakan dan mengevaluasi sistem pembelajaran.
  1. Peningkatan Pendidikan melalui pekerti 
  2. Pendidikan sebagai sistem 
  3. Teori belajar dan motivasi untuk pembelajaran mahasiswa 
  4. Pengembangan diri dosen 
  5. Model-model pembelajaran 
  6. Penentuan capaian pembelajaran 
  7. Analisis kompetensi mata kuliah 
  8. Penyusunan RPS 
  9. Metode pembelajaran 
  10. Metode pemberian tugas 
  11. Prinsip dasar evaluasi 
  12. Menyusun kisi soal 
  13. Konstruksi butir soal 
  14. Dasar-dasar komunikasi dan keterampilan dasar mengajar
  15. Implementasi softskill dalam pembelajaran

Pelatihan PEKERTI UNNES AKPOL 2021

PEKERTI adalah Pelatihan Pengembangan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional. Pelatihan ini diperuntukkan bagi Dosen Muda yang masih dalam tahap awal melaksanakan Perkuliahan di Perguruan TInggi.

AA Akpol 2025

APPLIED APPROACH (AA) dirancang sebagai program lanjutan dari program PEKERTI. Program ini melatih dosen untuk memiliki wawasan dalam pembelajaran yang meliputi materi tentang Kebijakan Pengembangan Profesionalisme Dosen dalam Pelaksanaan Mutu Pembelajaran, Etika Moral dalam Pembelajaran, Manajemen Mutu Terpadu, Konstruktivisme dalam pembelajaran, Rekonstruksi Mata kuliah, Penulisan Bahan Ajar, Konsep Dasar dan Paradigma Pengembangan Kurikulum, Model-Model Pembelajaran Aktif dan Inovatif, Evaluasi PBM, Assessment Alternatif, dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK)


Tujuan Applied Approach adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik bagi para dosen. Keterampilan pembelajaran membutuhkan latihan dan perbaikan terus menerus..

  1. Evaluasi PBM 
  2. Konstruktivisme Pembelajaran
  3. Etika dan Moral dalam Pembelajaran
  4. Alternative Assessment 
  5. Pengembangan Kurikulum
  6. Penulisan Buku Ajar 
  7. Rekonstruksi Mata Kuliah 
  8. Aplikasi PTK 
  9. Kontrak Perkuliahan 
  10. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan 
  11. Panduan Praktikum  
  12. Ragam Media dalam Pembelajaran 

MOC AA Batch 10

APPLIED APPROACH (AA) dirancang sebagai program lanjutan dari program PEKERTI. Program ini melatih dosen untuk memiliki wawasan dalam pembelajaran yang meliputi materi tentang Kebijakan Pengembangan Profesionalisme Dosen dalam Pelaksanaan Mutu Pembelajaran, Etika Moral dalam Pembelajaran, Manajemen Mutu Terpadu, Konstruktivisme dalam pembelajaran, Rekonstruksi Mata kuliah, Penulisan Bahan Ajar, Konsep Dasar dan Paradigma Pengembangan Kurikulum, Model-Model Pembelajaran Aktif dan Inovatif, Evaluasi PBM, Assessment Alternatif, dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK)


Tujuan Applied Approach adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik bagi para dosen. Keterampilan pembelajaran membutuhkan latihan dan perbaikan terus menerus..

  1. Evaluasi PBM 
  2. Konstruktivisme Pembelajaran
  3. Etika dan Moral dalam Pembelajaran
  4. Alternative Assessment 
  5. Pengembangan Kurikulum
  6. Penulisan Buku Ajar 
  7. Rekonstruksi Mata Kuliah 
  8. Aplikasi PTK 
  9. Kontrak Perkuliahan 
  10. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan 
  11. Panduan Praktikum  
  12. Ragam Media dalam Pembelajaran 

AA UNNES 2025

APPLIED APPROACH (AA) dirancang sebagai program lanjutan dari program PEKERTI. Program ini melatih dosen untuk memiliki wawasan dalam pembelajaran yang meliputi materi tentang Kebijakan Pengembangan Profesionalisme Dosen dalam Pelaksanaan Mutu Pembelajaran, Etika Moral dalam Pembelajaran, Manajemen Mutu Terpadu, Konstruktivisme dalam pembelajaran, Rekonstruksi Mata kuliah, Penulisan Bahan Ajar, Konsep Dasar dan Paradigma Pengembangan Kurikulum, Model-Model Pembelajaran Aktif dan Inovatif, Evaluasi PBM, Assessment Alternatif, dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK)


Tujuan Applied Approach adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik bagi para dosen. Keterampilan pembelajaran membutuhkan latihan dan perbaikan terus menerus..

  1. Evaluasi PBM 
  2. Konstruktivisme Pembelajaran
  3. Etika dan Moral dalam Pembelajaran
  4. Alternative Assessment 
  5. Pengembangan Kurikulum
  6. Penulisan Buku Ajar 
  7. Rekonstruksi Mata Kuliah 
  8. Aplikasi PTK 
  9. Kontrak Perkuliahan 
  10. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan 
  11. Panduan Praktikum  
  12. Ragam Media dalam Pembelajaran 

TOT PEKERTI-AA UNCEN

APPLIED APPROACH (AA) dirancang sebagai program lanjutan dari program PEKERTI. Program ini melatih dosen untuk memiliki wawasan dalam pembelajaran yang meliputi materi tentang Kebijakan Pengembangan Profesionalisme Dosen dalam Pelaksanaan Mutu Pembelajaran, Etika Moral dalam Pembelajaran, Manajemen Mutu Terpadu, Konstruktivisme dalam pembelajaran, Rekonstruksi Mata kuliah, Penulisan Bahan Ajar, Konsep Dasar dan Paradigma Pengembangan Kurikulum, Model-Model Pembelajaran Aktif dan Inovatif, Evaluasi PBM, Assessment Alternatif, dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK)


Tujuan Applied Approach adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik bagi para dosen. Keterampilan pembelajaran membutuhkan latihan dan perbaikan terus menerus..

  1. Evaluasi PBM 
  2. Konstruktivisme Pembelajaran
  3. Etika dan Moral dalam Pembelajaran
  4. Alternative Assessment 
  5. Pengembangan Kurikulum
  6. Penulisan Buku Ajar 
  7. Rekonstruksi Mata Kuliah 
  8. Aplikasi PTK 
  9. Kontrak Perkuliahan 
  10. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan 
  11. Panduan Praktikum  
  12. Ragam Media dalam Pembelajaran 

AA B8

APPLIED APPROACH (AA) dirancang sebagai program lanjutan dari program PEKERTI. Program ini melatih dosen untuk memiliki wawasan dalam pembelajaran yang meliputi materi tentang Kebijakan Pengembangan Profesionalisme Dosen dalam Pelaksanaan Mutu Pembelajaran, Etika Moral dalam Pembelajaran, Manajemen Mutu Terpadu, Konstruktivisme dalam pembelajaran, Rekonstruksi Mata kuliah, Penulisan Bahan Ajar, Konsep Dasar dan Paradigma Pengembangan Kurikulum, Model-Model Pembelajaran Aktif dan Inovatif, Evaluasi PBM, Assessment Alternatif, dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK)


Tujuan Applied Approach adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik bagi para dosen. Keterampilan pembelajaran membutuhkan latihan dan perbaikan terus menerus..

  1. Evaluasi PBM 
  2. Konstruktivisme Pembelajaran
  3. Etika dan Moral dalam Pembelajaran
  4. Alternative Assessment 
  5. Pengembangan Kurikulum
  6. Penulisan Buku Ajar 
  7. Rekonstruksi Mata Kuliah 
  8. Aplikasi PTK 
  9. Kontrak Perkuliahan 
  10. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan 
  11. Panduan Praktikum  
  12. Ragam Media dalam Pembelajaran 

AA Batch 7

APPLIED APPROACH (AA) dirancang sebagai program lanjutan dari program PEKERTI. Program ini melatih dosen untuk memiliki wawasan dalam pembelajaran yang meliputi materi tentang Kebijakan Pengembangan Profesionalisme Dosen dalam Pelaksanaan Mutu Pembelajaran, Etika Moral dalam Pembelajaran, Manajemen Mutu Terpadu, Konstruktivisme dalam pembelajaran, Rekonstruksi Mata kuliah, Penulisan Bahan Ajar, Konsep Dasar dan Paradigma Pengembangan Kurikulum, Model-Model Pembelajaran Aktif dan Inovatif, Evaluasi PBM, Assessment Alternatif, dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK)


Tujuan Applied Approach adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik bagi para dosen. Keterampilan pembelajaran membutuhkan latihan dan perbaikan terus menerus..

  1. Evaluasi PBM 
  2. Konstruktivisme Pembelajaran
  3. Etika dan Moral dalam Pembelajaran
  4. Alternative Assessment 
  5. Pengembangan Kurikulum
  6. Penulisan Buku Ajar 
  7. Rekonstruksi Mata Kuliah 
  8. Aplikasi PTK 
  9. Kontrak Perkuliahan 
  10. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan 
  11. Panduan Praktikum  
  12. Ragam Media dalam Pembelajaran 

Applied Approach PIP

APPLIED APPROACH (AA) dirancang sebagai program lanjutan dari program PEKERTI. Program ini melatih dosen untuk memiliki wawasan dalam pembelajaran yang meliputi materi tentang Kebijakan Pengembangan Profesionalisme Dosen dalam Pelaksanaan Mutu Pembelajaran, Etika Moral dalam Pembelajaran, Manajemen Mutu Terpadu, Konstruktivisme dalam pembelajaran, Rekonstruksi Mata kuliah, Penulisan Bahan Ajar, Konsep Dasar dan Paradigma Pengembangan Kurikulum, Model-Model Pembelajaran Aktif dan Inovatif, Evaluasi PBM, Assessment Alternatif, dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK)


Tujuan Applied Approach adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik bagi para dosen. Keterampilan pembelajaran membutuhkan latihan dan perbaikan terus menerus..

  1. Evaluasi PBM 
  2. Konstruktivisme Pembelajaran
  3. Etika dan Moral dalam Pembelajaran
  4. Alternative Assessment 
  5. Pengembangan Kurikulum
  6. Penulisan Buku Ajar 
  7. Rekonstruksi Mata Kuliah 
  8. Aplikasi PTK 
  9. Kontrak Perkuliahan 
  10. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan 
  11. Panduan Praktikum  
  12. Ragam Media dalam Pembelajaran 

AA BATCH 4

APPLIED APPROACH (AA) dirancang sebagai program lanjutan dari program PEKERTI. Program ini melatih dosen untuk memiliki wawasan dalam pembelajaran yang meliputi materi tentang Kebijakan Pengembangan Profesionalisme Dosen dalam Pelaksanaan Mutu Pembelajaran, Etika Moral dalam Pembelajaran, Manajemen Mutu Terpadu, Konstruktivisme dalam pembelajaran, Rekonstruksi Mata kuliah, Penulisan Bahan Ajar, Konsep Dasar dan Paradigma Pengembangan Kurikulum, Model-Model Pembelajaran Aktif dan Inovatif, Evaluasi PBM, Assessment Alternatif, dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK)


Tujuan Applied Approach adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik bagi para dosen. Keterampilan pembelajaran membutuhkan latihan dan perbaikan terus menerus..

  1. Evaluasi PBM 
  2. Konstruktivisme Pembelajaran
  3. Etika dan Moral dalam Pembelajaran
  4. Alternative Assessment 
  5. Pengembangan Kurikulum
  6. Penulisan Buku Ajar 
  7. Rekonstruksi Mata Kuliah 
  8. Aplikasi PTK 
  9. Kontrak Perkuliahan 
  10. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan 
  11. Panduan Praktikum  
  12. Ragam Media dalam Pembelajaran 

MOC TOT PEKERTI AA B1

APPLIED APPROACH (AA) dirancang sebagai program lanjutan dari program PEKERTI. Program ini melatih dosen untuk memiliki wawasan dalam pembelajaran yang meliputi materi tentang Kebijakan Pengembangan Profesionalisme Dosen dalam Pelaksanaan Mutu Pembelajaran, Etika Moral dalam Pembelajaran, Manajemen Mutu Terpadu, Konstruktivisme dalam pembelajaran, Rekonstruksi Mata kuliah, Penulisan Bahan Ajar, Konsep Dasar dan Paradigma Pengembangan Kurikulum, Model-Model Pembelajaran Aktif dan Inovatif, Evaluasi PBM, Assessment Alternatif, dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK)


Tujuan Applied Approach adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik bagi para dosen. Keterampilan pembelajaran membutuhkan latihan dan perbaikan terus menerus..

  1. Evaluasi PBM 
  2. Konstruktivisme Pembelajaran
  3. Etika dan Moral dalam Pembelajaran
  4. Alternative Assessment 
  5. Pengembangan Kurikulum
  6. Penulisan Buku Ajar 
  7. Rekonstruksi Mata Kuliah 
  8. Aplikasi PTK 
  9. Kontrak Perkuliahan 
  10. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan 
  11. Panduan Praktikum  
  12. Ragam Media dalam Pembelajaran 

AA UNNES 2023

APPLIED APPROACH (AA) dirancang sebagai program lanjutan dari program PEKERTI. Program ini melatih dosen untuk memiliki wawasan dalam pembelajaran yang meliputi materi tentang Kebijakan Pengembangan Profesionalisme Dosen dalam Pelaksanaan Mutu Pembelajaran, Etika Moral dalam Pembelajaran, Manajemen Mutu Terpadu, Konstruktivisme dalam pembelajaran, Rekonstruksi Mata kuliah, Penulisan Bahan Ajar, Konsep Dasar dan Paradigma Pengembangan Kurikulum, Model-Model Pembelajaran Aktif dan Inovatif, Evaluasi PBM, Assessment Alternatif, dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK)


Tujuan Applied Approach adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik bagi para dosen. Keterampilan pembelajaran membutuhkan latihan dan perbaikan terus menerus..

  1. Evaluasi PBM 
  2. Konstruktivisme Pembelajaran
  3. Etika dan Moral dalam Pembelajaran
  4. Alternative Assessment 
  5. Pengembangan Kurikulum
  6. Penulisan Buku Ajar 
  7. Rekonstruksi Mata Kuliah 
  8. Aplikasi PTK 
  9. Kontrak Perkuliahan 
  10. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan 
  11. Panduan Praktikum  
  12. Ragam Media dalam Pembelajaran 

Applied Approach Batch 3 AKPOL

APPLIED APPROACH (AA) dirancang sebagai program lanjutan dari program PEKERTI. Program ini melatih dosen untuk memiliki wawasan dalam pembelajaran yang meliputi materi tentang Kebijakan Pengembangan Profesionalisme Dosen dalam Pelaksanaan Mutu Pembelajaran, Etika Moral dalam Pembelajaran, Manajemen Mutu Terpadu, Konstruktivisme dalam pembelajaran, Rekonstruksi Mata kuliah, Penulisan Bahan Ajar, Konsep Dasar dan Paradigma Pengembangan Kurikulum, Model-Model Pembelajaran Aktif dan Inovatif, Evaluasi PBM, Assessment Alternatif, dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK)


Tujuan Applied Approach adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik bagi para dosen. Keterampilan pembelajaran membutuhkan latihan dan perbaikan terus menerus..

  1. Evaluasi PBM 
  2. Konstruktivisme Pembelajaran
  3. Etika dan Moral dalam Pembelajaran
  4. Alternative Assessment 
  5. Pengembangan Kurikulum
  6. Penulisan Buku Ajar 
  7. Rekonstruksi Mata Kuliah 
  8. Aplikasi PTK 
  9. Kontrak Perkuliahan 
  10. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan 
  11. Panduan Praktikum  
  12. Ragam Media dalam Pembelajaran 

AA BATCH 2 2022

APPLIED APPROACH (AA) dirancang sebagai program lanjutan dari program PEKERTI. Program ini melatih dosen untuk memiliki wawasan dalam pembelajaran yang meliputi materi tentang Kebijakan Pengembangan Profesionalisme Dosen dalam Pelaksanaan Mutu Pembelajaran, Etika Moral dalam Pembelajaran, Manajemen Mutu Terpadu, Konstruktivisme dalam pembelajaran, Rekonstruksi Mata kuliah, Penulisan Bahan Ajar, Konsep Dasar dan Paradigma Pengembangan Kurikulum, Model-Model Pembelajaran Aktif dan Inovatif, Evaluasi PBM, Assessment Alternatif, dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK)


Tujuan Applied Approach adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik bagi para dosen. Keterampilan pembelajaran membutuhkan latihan dan perbaikan terus menerus..

  1. Evaluasi PBM 
  2. Konstruktivisme Pembelajaran
  3. Etika dan Moral dalam Pembelajaran
  4. Alternative Assessment 
  5. Pengembangan Kurikulum
  6. Penulisan Buku Ajar 
  7. Rekonstruksi Mata Kuliah 
  8. Aplikasi PTK 
  9. Kontrak Perkuliahan 
  10. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan 
  11. Panduan Praktikum  
  12. Ragam Media dalam Pembelajaran 

Applied Approach Dosen UNNES 2022

APPLIED APPROACH (AA) dirancang sebagai program lanjutan dari program PEKERTI. Program ini melatih dosen untuk memiliki wawasan dalam pembelajaran yang meliputi materi tentang Kebijakan Pengembangan Profesionalisme Dosen dalam Pelaksanaan Mutu Pembelajaran, Etika Moral dalam Pembelajaran, Manajemen Mutu Terpadu, Konstruktivisme dalam pembelajaran, Rekonstruksi Mata kuliah, Penulisan Bahan Ajar, Konsep Dasar dan Paradigma Pengembangan Kurikulum, Model-Model Pembelajaran Aktif dan Inovatif, Evaluasi PBM, Assessment Alternatif, dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK)


Tujuan Applied Approach adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik bagi para dosen. Keterampilan pembelajaran membutuhkan latihan dan perbaikan terus menerus..

  1. Evaluasi PBM 
  2. Konstruktivisme Pembelajaran
  3. Etika dan Moral dalam Pembelajaran
  4. Alternative Assessment 
  5. Pengembangan Kurikulum
  6. Penulisan Buku Ajar 
  7. Rekonstruksi Mata Kuliah 
  8. Aplikasi PTK 
  9. Kontrak Perkuliahan 
  10. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan 
  11. Panduan Praktikum  
  12. Ragam Media dalam Pembelajaran 

Pelatihan (MOC) Applied Approach Batch 1 2021

APPLIED APPROACH (AA) dirancang sebagai program lanjutan dari program PEKERTI. Program ini melatih dosen untuk memiliki wawasan dalam pembelajaran yang meliputi materi tentang Kebijakan Pengembangan Profesionalisme Dosen dalam Pelaksanaan Mutu Pembelajaran, Etika Moral dalam Pembelajaran, Manajemen Mutu Terpadu, Konstruktivisme dalam pembelajaran, Rekonstruksi Mata kuliah, Penulisan Bahan Ajar, Konsep Dasar dan Paradigma Pengembangan Kurikulum, Model-Model Pembelajaran Aktif dan Inovatif, Evaluasi PBM, Assessment Alternatif, dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK)


Tujuan Applied Approach adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik bagi para dosen. Keterampilan pembelajaran membutuhkan latihan dan perbaikan terus menerus..

  1. Evaluasi PBM 
  2. Konstruktivisme Pembelajaran
  3. Etika dan Moral dalam Pembelajaran
  4. Alternative Assessment 
  5. Pengembangan Kurikulum
  6. Penulisan Buku Ajar 
  7. Rekonstruksi Mata Kuliah 
  8. Aplikasi PTK 
  9. Kontrak Perkuliahan 
  10. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan 
  11. Panduan Praktikum  
  12. Ragam Media dalam Pembelajaran